Sekolah berbusana jaman doeloe

Rabu, 03 April 2013 14:55 WIB
Sekolah berbusana jaman doeloe siswa-siswi berbusana jaman dulu untuk peringati hari jadi kota Blitar.
siswa-siswi berbusana jaman dulu untuk peringati hari jadi kota Blitar.

siswa-siswi berbusana jaman dulu untuk peringati hari jadi kota Blitar.

Blitar – Dalam rangka menanamkan kecintaan terhadap budaya dan tradisi bangsa Indonesia kepada pelajar pemerintah kota Blitar mewajibkan seluruh pelajar di kota Blitar untuk memakai pakaian jaman dulu dalam proses belajar mengajar. Pemandangan berbeda nampak di sejumlah sekolah diantaranya SD Kepanjen Lor II dan SMPN I Kota Blitar Jawa Timur.

Pasalnya siswa-siswi sekolah tersebut memakai pakaian ala jaman dahulu atau jadul di dalam mengikuti kegiatan sekolah. Seperti pakaian kebaya jawa jaman dulu, tuan tanah jepang, pakaian jawa bermotif batik tradisional yang dilengkapai dengan ikat kepala maupun blangkon dan masih banyak pakaian jadul lain yang dikenakan para siswa-siswi.

Menurut Kepala Sekolah SMPN I Blitar Edi Sujana mengatakan, kegiatan ini untuk melestarikan serta dan mencintai kebudayaan dan tradisi bangsa Indonesia agar tidak hilang ditelan pergeseran zaman yang kian modern.

“ agenda ini merupakan agenda rutin yang digelar setiap awal bulan April selama 3 hari yaitu sejak tanggal 1 hingga 3 April,” kata Edi Sujana Kepala SMPN I Blitar.

Tema jadul ini merupakan rangkaian agenda dalam rangka peringatan hari jadi kota Blitar yang ke 107 dengan mewajibkan seluruh sekolah mulai SD hingga sma di kota Blitar untuk memakai pakaian jadul. Layaknya tradisi mengenakan pakaian tradisional ini ditiru oleh daerah lain. Serta menanamkan kecintaan kepada peserta didik sehingga kebudayaan asli indonesia tidak hilang oleh kebudayaan asing.(hen)



Related